Perilaku konsumen Adalah tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk dan jasa mereka. Focus dari perilaku konsumen adalah bagaimana individu membuat keputusan untuk menggunakan sumber daya mereka yang telah tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang. Dua wujud konsumen 1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri. 2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.
Konsumen adalah seseorang yang melakukansebuah pembelian terhadap sebuah barang dengan tujuan untuk memenuhi keinginan. Konsumen merupakan faktor penting demi terlangsungnya sebuah aktivitas jual beli dalam sebuah transaksi. Diantara sekian banyak konsumen memang sering kita temukan berbagai perilaku yang berbeda – beda dari seorang konsumen ketika melakukan aktivitas jual beli. Dijaman sekarang, konsumen lebih pandai memilih barang mana yang akan dipilihnya. karena dijaman saat ini, konsumen lebih mengerti tentang price, place, product dan promotion.
Begitu juga dengan penelitian yang kami lakukan di Royal Plaza. Yang dimana kelompok kami kebagian tentang fashion woman. yang dimana fashion merupakan usaha yang saya tekuni saat ini. untuk penelitian yang kelompok kami lakukan di royal kemarin, konsumen tidak banyak menghiraukan berapa harga atau promosi yang dilakukan oleh toko2 yang ada diroyal kemaren.
Konsumen kebanyakn memilih tempat yang strategis. karena tempat yang strategis dan tentunya sejuk, nyaman konsumen lebih banyak berdatangan daripada ditempat pasar2 yang biasa. mungkin dikarenakan pasar yang tempatnya kurang memuaskan.
untuk masalah harga sendiri, jelas di royal sangat mahal2. tapi ada juga yang murah, mungkin hanya beberapa. konsumen sendiri tidak menghiraukan berapa mahal atau murahnya barang yang dipilihnya. karena kebanyakan konsumen saat ini, jika barang yang dipilihnya cocok maka akan gampang dibelinya.
Untuk promosinya sendiri, kebanyakan yang kami temukan hanya promosi lewat offline aja atau di stand royal aja dengan mengandalkan SPG. tapi ada juga yang kami temukan beberapa toko melakukan promosi lewat offline sekaligus online bahkan sistem promosinya ditambahi dengan katalog buku. Disamping itu juga beberapa SPG memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap konsumen, terutama konsumen yang mempunyai perilaku konsumtif terhadap sebuah barang, rata – rata memang konsumen lebih tertarik ketika promosi sebuah barang dengan diskon yang besar sehingga konsumen tidak mempertimbangkan apakah produk yang di promosikan sesuai dengan kebutuhan konsumen atau tidak.
Sekalipun demikian namun produk – produk terbaru yang biasanya dipromosikan jauh lebih diburu oleh konsumen terutama yang ekonominya lebih. Apalagi product yang diinginkan memang sesuai dengan keinginan konsumen, maka product tersebut akan segera dimiliki oleh konsumen.
AHMAD HABIB MA'SHUM
B06211003
F2 ADVERTISING
Tidak ada komentar:
Posting Komentar